Sejarah Dan Fakta Menarik Bahasa Korea Dari Guru Ke Rumah Bandung

  • April 4, 2019

Bahasa yang digunakan orang-orang Korea memiliki tulisan yang disebut dengan nama Hangeul. Nah ternyata, bahasa Korea memiliki sejarah yang cukup panjang guys. Sebelum Hangeul diciptakan, bangsa Korea lebih banyak memakai bahasa Cina sebagai alat untuk berkomunikasi sehari-hari. Tapi, memang huruf-huruf china cenderung memiliki xtruktur huruf yang sangat rumit. Selain itu, pada zaman sebelum huruf korea diciptakan, bahasa China lebih banyak digunakan oleh para bangsawan saja.

Buat kamu semua yang merupakan penggemar korea, baik itu bahasanya, filmnya, idol, makanan dan sebagainya dan saat ini ingin belajar lebih banyak. Baca dulu seperti apa sejarah dan fakta menarik mengenai bahasa korea dalam Guru ke Rumah Bandung di bawah ini :

1. Hangeul Diciptakan oleh Raja Agung Sejong
Tulisan Korea atau Hangeul ini, ternyata diciptakan oleh seorang Raja Korea yaitu Raja Agung Sejong yang merupakan raja ke empat dari Dinasti Joseon. Pada saat itu, sebenarnya orang Korea sudah memiliki bahasa lisan sendiri, tapi mereka memang harus menggunakan abjad maupun sistem tulis Cina. Dan, hanya keluarga kerajaan atau bangsawan saja yang memiliki akses dalam belajar bahasa yang sangat rumit tersebut. Hal ini pun menyebabkan masyarakat di luar golongan bangsawan banyak yang mengalami buta huruf.

2. Memiliki Sistem Honorifik
Sistem Honorik dalam bahasa korea memang snagat penting. Honorik sendiri merupakan bentuk pernyataan yang sifatnya halus atau lebih sopan. Ungkapan ini sendiri biasnaya banyak digunakan sata berbicara kepada orang lain, dengan maksud untuk menunjukan rasa hormat. Pada saat menyebut atau memanggil seseorang yang lebih tua atauteman sebaya juga akan berbeda. Misalnya saja kalau kita memanggil orang yang lebih tua beberapa tahun dengan menggunakan “Hyeong” yaitu panggilan dari laki-laki yang lebih mudah kepada kakak laki-laki. Dan “Noona” yang digunakan oleh perempuan kepada kakak perempuan atau orang yang lebih tua darinya.

3. Hari Hangeul Diperingati Setiap Tahunnya
Ternyata ada haru Hangeul, dan ini diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Korea. Tapi beda hari peringatan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Untuk Korea Selatan, akan di peringati setiap tanggal 9 oktober, sedangkan Korea Utara memperingatinya setiap tanggal 15 Januari.

4. Punya Dialek Daerah
Berbagai Provinsi atau wilayah di korea ternyata juga memiliki dialek yang berbeda-beda. Hal ini sama seperti di Indonesia. Bahasa Korea yang merupakan bahasa setandar merupakan bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat di Kota Seoul. Dan kota lainnya seperti Busan, Jeju, Daegu, Paju dan sebagainya memiliki dialek yang berbeda-beda.

5. Ada 2 Sistem Perhitungan Berbeda
Hal unik lainnya yang dapat kita peroleh dari bahasa Korea yaitu terdapat dua cara sistem perhitungan. Apa perbedaannya? Yang pertama cara yang digunakan untuk menyebutkan angka dan yang satu lagi adalah untuk menghitung.
Itulah beberapa sejarah dan fakta menarik tentang bahasa korea. Semoga bermanfaat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*